Selasa, 17 Mei 2011

Bangsa Kaya???


Banyak orang yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia ini sangat kaya. Sumber daya alamnya melimpah ruah tak terkira. Kekayaan budayanya indah tak terkata. Iklim yang sejuk membuat warga dapat menikmati hari-harinya.

Banyak orang yang berkata demikian.

Tapi saya tidak melihat satupun hal tersebut dari bangsa ini.

Apakah orang-orang ini tengah berusaha membohongi saya?

Karena yang saya lihat pada kenyataannya adalah berbeda.

Ketika saya nyalakan TV, yang saya saksikan adalah bapak-bapak tua renta yang harus berjalan 20 Km setiap harinya berjualan kerupuk untuk menafkahi keluarganya.

Ketika saya berjalan ke kampus, yang saya lalui adalah ibu-ibu lelah yang tengah memangku anaknya, menengadahkan tangan berharap uluran tangan dari orang-orang yang berjalan di depannya.

Ketika saya duduk di halte bis, yang saya lihat adalah anak-anak muda yang “tidak tahu diri”, yang mencat rambutnya, lalu menindik telinga dan mulutnya, menenteng-nenteng gitar, entah hendak mengamen atau mencopet. Itukah gambaran pemuda saat ini? Gambaran pemimpin masa depan bangsa ini?

Sungguh,,,
Begitu banyak ketika-ketika  yang sangat jauh dari penceritaan orang tentang bangsa ini.

Saya tidak akan pernah mengakui kekayaan bangsa ini, jika rakyatnya saja harus mati-matian hanya untuk mencari makan.
Saya tidak akan pernah mengakui kekayaan bangsa ini, jika masih ada rakyatnya yang tidur di kolong-kolong jembatan, sedangkan sebagian yang lainnya mampu menidurkan anjing-anjing peliharaannya di kandang dengan harga jutaan rupiah.

Terserah bagaimana penilaian Anda.

Ini murni adalah penilaian subjektiv saya.
Bahwa BANGSA INI TIDAK KAYA!
SADARLAH!!!
Jangan terlena oleh pemberitaan orang lain.
Lihat sekeliling Anda!

Inikah bangsa yang kita bangga-banggakan?
Saat maling ayam dihukum penjara 7 tahun, sedangkan maling uang negara jutaan rupiah hanya dihukum 3,5 tahun.

Inikah bangsa yang kita bangga-banggakan?!
Inikah bangsa yang kita bangga-banggakan?!!
Inikah bangsa yang kita bangga-banggakan?!!!

Tolong bantu saya menjawabnya…

Jika benar kita masih pantas berbangga atas bangsa ini.
Tolong beritahu saya hal yang patut untuk saya banggakan.
Karena jika nanti anak-cucu saya bertanya, apa yang bisa saya jawab?
Semenjak lahir saya berada di sini. Tapi tidak (belum) satupun jawaban saya temukan.


Bisakah Anda menjawabnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar